Search Hotels

Check-in Date

calendar

Check-out Date

calendar

Minggu, 14 April 2013

Pulau Labengki Kecil, Sulawesi Tenggara


Lokasi : Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia.

Walaupun namanya asing di telinga namun Pulau Labengki Kecil menyimpan keindahan alam yang memukau. Kondisi alamnya pun masih sangat alami dan perawan karena pulau ini belum banyak tersentuh oleh tangan-tangan jahil. Pulaunya masih sangat asri dengan pepohonan hijau yang banyak tumbuh menjadikan pulau ini terkesan sejuk. Pulau Labengki Kecil bersebelahan dengan Pulau Labengki Besar.

Penduduk Pulau Labengki Kecil ini dihuni oleh mayoritas suku Bajo yang bermata pencaharian sebagai nelayan. Mereka banyak yang mendirikan tempat tinggal di pinggir pantai pulau ini. Bahkan ada juga yang mendirikan tempat tinggal di atas lautnya. 

Walaupun merupakan pulau yang berpenghuni namun Pulau Labengki Kecil tidak memiliki sumber air bersih. Sumber air bersih biasanya diambil oleh penduduk dari Pulau Labengki Besar yang justru tak berpenghuni. Untuk mengambil air bersih di Pulau Labengki Besar, mereka pergi menggunakan perahu katinting yang memakan waktu selama 30 menit.

Walau terdapat kekurangan di pulau ini, namun Pulau Labengki Kecil memiliki wilayah perairan yang menakjubkan. Air lautnya sangat jernih, berwarna biru kehijuan dan terdapat terumbu karang yang indah. Sangat cocok untuk dijadikan tempat menyelam. Di tepi pantainya pun terhampar pasir putih yang halus dengan pepohonan besar. Namun sayangnya belum ada pihak yang mengelola potensi Pulau Labengki Kecil ini.

Jika ada yang merencanakan untuk pergi ke pulau ini, kamu dapat menumpang perahu nelayan atau perahu yang membawa jualan bahan makanan yang menuju ke Pulau Labengki Kecil dari dermaga yang banyak terdapat di desa-desa seberang Pulau Labengki Kecil seperti Desa Lasolo, Desa Tapunggaya, Desa Molawe ataupun dari Desa Lemo Bajo. Namun perlu diperhatikan bahwa di Pulau Labengki Kecil sama sekali belum terdapat fasilitas wisata sehingga jika ingin bermalam di pulau ini kamu bisa mendirikan tenda di tepi pantainya atau bermalam di rumah penduduk pulau ini.

Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

Kuliner

Artikel berikutnya »

Seni dan Budaya

Artikel berikutnya »

Tips Wisata

Artikel berikutnya »
 
Copyright © www.halowisata.com
Bantul, Yogyakarta, Indonesia
DMCA.com